manfaat lidah buaya

 

Lidah Buaya atau Aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan Lidah Buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

Catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian.

Tidak hanya itu, seorang tabib dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Kandungan Lidah Buaya

lidah buayaMenurut data yang ada, tanaman Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Tanaman Lidah Buaya memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Lidah Buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

10 Manfaat Lidah Buaya
KOMPAS.com ? Aloe vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat maupun untuk kosmetik. Lidah buaya merupakan tanaman
Tutup MOS, Siswa Baru SMPN 8 Peduli Lingkungan
Pada acara penutupan MOS ini digelar kegiatan peduli lingkungan, dimana seluruh siswa baru membawa pot bunga dan menanam pohon lidah buaya secara serentak. Kegiatan MOS SMPN 8 Kota Jambi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu, karena pihak panitia
Cara Pulihkan Sunburn dengan Cepat
Segera setelah menyadari kulit terbakar, yang perlu dilakukan adalah mengobati dengan bahan alami seperti lidah buaya. Potong daging lidah buaya dan oleskan cairannya ke permukaan luka. 2. Anda juga bisa meminum aspirin utnuk membantu merdakan rasa
Manis Dan (Tetap) Langsing I
Atau Agave dari tanaman Agave, yang bentuknya seperti Lidah Buaya, dan sekarang telah dijual bebas di pasaran dalam bentuk cair seperti madu. Dan terakhir, yang khasiatnya tentu sudah diketahui sejak ribuan tahun lalu dan menjadi sahabat baik Anda
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s