Perjalanan ke Tanah Bumbu Kalimantan selatan

Kabupaten Tanah Bumbu adalah tujuan utama saya untuk pekerjaan kali ini. Saya berangkat dari Semarang. Untuk bisa sampai di Kab. Tanah bumbu memerlukan waktu yang lama dengan 2 katagori transportasi udara dan darat. Tidak masalah jika perjalanan kami tempuh dengan jalur udara. Karena tidak mendapat
Tiket langsung ke Banjarmasin kami harus melalui Surabaya untuk transit. Penerbangan selanjutnya ke Banjarmasin. Semalam saya sampai Banjarmasin kira kira pukul 18.00 WITA. Sebelum mendarat, lebih dekat melihat bumi Kalimantan tampak banyak sekali titik-titik api menjalar membakar hutan, asapnya tebal melambung tinggi. Sungguh miris Indonesiaku. Prihatin tak membawa dampak apa apa. Hanya saja apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah ini.

Pukul 19.00 WITA saya baru mendapatkan sewa mobil menuju Tanah Bumbu, perjalanan daratnya memerlukan waktu 8 jam, namun sopir mobil yang kami tumpangi nampaknya sudah kelelahan, meski berkata tidak namun sudah berkali kali membuat kami senam jantung, sesekali membelok dengan tajam, mata sudah sangat lelah, badan sudah sangat berat. Tidak sanggup rasanya saya untuk menatap jalan, mobil melaju dengan kecepatan 60 km lebih. Lalu saya tertidur, sesekali bangun karena sopir menikung dengan tajam atau melewati jalan berlubang.

Leave a Reply

